Kamis, 01 September 2016

7 KULINER ASLI TRENGGALEK

 Jika kamu sedang berkunjung ke trenggalek, letaknya di pesisir pantai selatan dan mempunyai batas wilayah sebelah utara dengan Kabupaten Ponorogo; Sebelah timur dengan Kabupaten Tulungagung; Sebelah selatan dengan pantai selatan; dan Sebelah barat dengan Kabupaten Pacitan.. Nah berikut ini informasi 7 kuliner trenggalek yang enak  yang bisa kamu cicipi ketika ada di sana :



1. Nasi goreng anglo

nasi goreng anglo
nasi goreng anglo
Nasi goreng anglo yang lebih identik dengan sebutan nasi goreng jawa sebenarnya hampir sama dengan nasi goreng pada umumnya, yaitu nasi di tambahkan sedikit mie lalu di goreng seperti biasa yang membedakan adalah alat memasaknya menggunakan arang. Dari proses inilah yang membuat nasi goreng ini memiliki cita rasa sendiri yang khas dan enak pastinya. Lokasi yang jadi rekomendasi adalah yang ada di sebelah selatan stadion kota trenggalek.

2. Sego Tiwul

sego tiwul
sego tiwul
Sego tiwul (nasi tiwul) merupakan makanan tradisional khas trenggalek, berbahan dasar  ketela yang dikeringkan. Warnannya coklat, rasanya gurih juga sangat mengenyangkan biasanya di nikmati dengan lauk ikan asin, tempe goreng dan sayur kebanyakan dijual di pasar tradisional.

3. Rujak cingur sumbergedong

Rujak cingur sumbrgedong
Rujak cingur sumbrgedong
Rujak cingur sumbergedong agak berbeda dengan rujak cingur pada umumnya  yang membedakan adalah  bumbu rujak cingur sumbergedong lebih encer terkesan sedikit berkuah.  Lokasinya ada di jl masuk SMPN 5 Trenggalek.

4. Soto ayam jarakan

Soto ayam jarakan
Soto ayam jarakan
Nah, satu lagi nih menu soto yang wajib anda cobain ketika berada di trenggalek, namanya soto ayam jarakan. Soto ayam ini pun sudah terkenal di penjuru trenggalek loh. biasanya soto ayam jarakan ini di sajikan dengan nasi putih dan di tambah dengan perkedel. Rasanya maknyus deh. Lokasinya ada di desa kedung lurah, trenggalek.

5. Tahu lontong

tahu lontong
tahu lontong
Nah, jika kamu ingin makan makanan yang tidak berat sambil nongkrong, maka tahu lontong yang ada di sebelah barat alun-alun kota bisa menjadi pilihan untuk anda. Menu makanan ini rasanya enak dan juga bisa membuat ketagihan. Tahu ini di sajikan dalam bentuk baluan telur dadar yang di beri bumbu sambal kecap. Selain itu juga di sajikan dnegan tambahan kecambah, kacang tanah, dan ju
ga daun kucai sehingga tampilannya sangat ramai.

6. Nasi Gegog

nasi gegog
nasi gegog
Jika anda pecinta kuliner dengan citarasa pedas,  jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas Trenggalek yang satu ini yaitu “sego gegog” atau “nasi gegog”. Kuliner ini cukup populer di masyarakat trenggalek, nasi di taburi dengan sambel teri, parutan kelapa dan di bungkus daun pisang lalu dikukus. Kuliner ini hanya bisa ditemui di desa Sumurup kecamatan Bendungan, sebuah daerah pegunungan sebelah utara kota Trenggalek tepatnya “Warung Sego Gegog Bu Gasun” Untuk menemukannya tidak susah karena terletak di pinggir jalan raya, jaraknya hanya 6 kilometer dari alon-alon kota Trenggalek

7. Sate ayam ponorogo

sate ponorogo
sate ponorogo
Sate ayam memang makanan yang mudah di temukan dan juga banyak di sukai. Maka jika kamu ada di trenggalek dan ingin makan sate ayam kamu bisa datang ke kedai sate yang ada di depan masjid al ashkar trenggalek. Sate ayam ini memiliki rasa yang mantap dengan daging ayam yang pas dan juga bumbu kacang yang menggoyang lidah.

sumber  : http://maemyuk.com/7-kuliner-trenggalek-yang-enak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar